Komunitas Sejuta Guru Ngeblog

Komunitas Sejuta Guru Ngeblog
KSGN

Saturday, April 11, 2020

Semua Orang Bisa Menjadi Penulis Buku Best Seller Asalkan Mengikuti Jurus Ini.


SEMUA ORANG BISA MENJADI PENULIS BUKU BEST SELLER
Oleh: Wijaya Kusumah (Omjay)

Pagi ini saya membaca kembali buku “7 Jurus Jitu menulis buku best seller” karya Eni Setiati yang diterbitkan penerbit Andi Yogyakarta. Dalam kata pengantarnya, penulis buku menuliskan bahwa semua orang bisa menjadi penulis best seller.


Banyak orang memimpikan buku yang ditulisnya menjadi best seller dan dibeli oleh orang banyak. Bukunya terpajang di toko-toko buku ternama dan dapat dengan mudah dibeli secara online. Itulah impian yang semoga menjadi kenyataan bila kita memulainya dari sekarang.

Saya menjadi teringat ketika buku-buku saya terpajang di toko buku Gramedia Matraman Jakarta. Senang rasanya tulisan yang saya posting di blog dapat terajut menjadi buku. Bahkan yang membuat saya bangga, buku yang saya tulis itu berjejer atau bersanding dengan buku para penulis terkenal.

Supaya lebih menyemangati, saya membeli buku saya sendiri di toko buku tersebut, dan kemudian saya kirimkan ke berbagai  sekolah yang membutuhkan buku yang saya tulis. Tak lupa saya menitipkan pesan untuk membuat resensi bukunya.

Alhamdulillah buku saya menjadi banyak dikenal karena para resensi buku ini. Mereka benar-benar membaca dan memberikan pengalamannya melumat habis buku yang saya tulis. Kekurangan dan kelebihan buku diungkap habis oleh mereka.

Setiap orang sebenarnya punya kesempatan untuk menjadi penulis buku best selller. Bukunya laku di manca negara. Asalkan isi bukunya menarik perhatian pembaca dan menginspirasi semua pembacanya untuk mengambil pelajaran penting dari buku tersebut.

Ada 7 langkah yang harus anda tempuh untuk menjadi penulis buku best seller versi Eni Setiati yaitu:
  1. 1.   Ingin Menjadi Penulis Buku
  2. 2.   Tekun Berlatih
  3. 3.   Mulailah menulis!
  4. 4.   Motivasi diri untuk Menulis
  5. 5.   Pahami teknik penulisan buku
  6. 6.   Kenali bahasa Penulisan Buku
  7. 7.   Lakukan Riset menyeluruh


Menjadi penulis buku pada awalnya bukan cita-cita saya. Sebab saat itu saya mengira, pekerja menjadi penulis buku tidak menjadikan kita kaya. Ternyata saya keliru. Justru menjadi penulis itu membuat kita kaya akan kreativitas dan imajinasi.  Dua hal itulah yang saya rasakan ketika terjun langsung dalam dunia kepenulisan yang begitu luas.

Saat teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat saat ini, setiap orang dapat dengan mudah menerbitkan sendiri bukunya. Mereka dapat dengan mudah memilih sendiri penerbit buku. Asalkan ada modal uang, buku bisa segera diterbitkan.

Antara penulis dan penerbit tidak perlu saling bertemu. Cukup berkomunikasi lewat internet, draft naskah buku dapat dikirimkan ke email penerbit. Setelah proses editing dan disain cover selesai, pihak penerbit akan menghubungi penulisnya.

Bila mereka saling sepakat, maka perjaian pun dibuat, dan penulis akan menikmati royalty buku dari penerbit mayor. Bila anda berhubungan dengan penerbit indie, kita sendiri yang harus kerja keras dan kerja cerdas memasarkan bukunya. Di sanalah jiwa enterpreneur atau jiwa kewirausahaan seorang penulis teruji. Perlu strategi jitu dalam memasarkan buku.

Saya sudah merasakan menerbitkan buku di penerbit besar dan penerbit kecil. Penerbit mayor dan penerbit indie sama sama punya peluang untuk menerbitkan buku best seller. Semua pilihan ada di tangan penulis.  vSebab hidup ini adalah pilihan. Pilihlah penerbit yang bisa anda percaya.

Kepercayaan itu mahal di era disrupsi saat ini. Terkadang ada saja oknum penerbit dan penulis yang nakal. Kepercayaan itu akan tumbuh, kalau kita saling percaya dan saling membantu agar buku yang ditulis laku.

Penulis dan penerbit harus berkolaborasi dalam memasarkan buku agar menjadi buku best seller. Kita juga harus membantu para penulis lain agar bukunya laku. Kalau sudah begitu, maka kerjasama saling menguntungkan akan berlaku. Penulis dan penerbit sama-sama untung melulu. Mereka saling tersenyum bahagia dan berjabat tangan dalam menerbitkan buku selanjutnya yang sulit ditiru.

Semua orang bisa menulis dan semua orang bisa eksis bila dia tahu persis akan kemampuan dirinya. Semua itu akan terjadi bila mau berlatih menulis setiap hari. Seperti tulisan peserta belajar menulis bersama omjay dan kawan kawan berikut ini:

PISANG COKLAT

Jajanan yang satu ini diproduksi dari industri-industri rumahan atau orang Inggris bilang: Homemade/home industry. Tapi jangan remehkan tampilan ataupun rasanya karena sekalipun berasal dari industri rumahan, ia bisa “melenggang dan melanglang buana” hingga ke mancanegara. Banyak yang di eksport ke luar negeri. Jajanan itu adalah Pisang Coklat Rowosari dengan nama produk komersialnya, ROBANNA sebagai akronim dari Rowosari Banana. Anda bisa memesannya secara online.

Robana terbuat dari pisang sebagai bahan utama digoreng dengan balutan adonan tepung terigu, kemudian diberi aksen coklat sebagai perupa dan peletup rasa. Ada banyak rasa yang disediakan selain coklat, seperti: rasa keju, coklat keju, pedas, dan lain-lain. Anda dapat dipastikan bahwa semua rasa yang ditawarkan mendatangkan efek yang sama yaitu KETAGIHAN.

Gimana mendapatkannya? Tak perlu risau. Tanya saja ke Mr. Google alamat dan nomor teleponnya. Dia akan memberitahukan secara lengkap semua informasi yang Anda butuhkan sehubungan dengan Robanna, kudapan berdaya adiksi yang sangat kuat. Setelah dapat keterangan lengkap, bilang saja ke pelaku jasa pengiriman makanan atau orang biasa bilang go-food. Maka hanya dalam hitungan menit Robanna sudah “pasrah” di depan Anda.

Kemudian dengan sigap tapi sopan Anda tinggalkan Robanna sebentar untuk menyeduh teh atau kopi, boleh tubruk boleh instan. Robanna, teh atau kopi menjadi teman bersantai di rumah sambil mengerjakan “proyek” tantangan menulis tentang PISANG COKLAT yang diminta oleh sang motivator yang  juga inspirator guru Indonesia, Mr. Wijaya Kusumah alias Omjay.

Yolis Djami
Tilong-Kupang, 11 April 2020 (pukul 20.00 wita)







70 comments:

  1. Sangat menginspirasi, Semoga bisa mengikuti para penulis yg sdh ternama😍

    ReplyDelete
  2. Suka dengan kalimat ini Omjay, "Justru menjadi penulis itu membuat kita kaya akan kreativitas dan imajinasi." Mantulll

    ReplyDelete
  3. Menambah semangat untuk membaca dan memotivasi untuk terus menulis

    ReplyDelete
  4. smoga suatu saat bisa mengikuti jejak penulis ternama...

    ReplyDelete
  5. jos gandos kotos kotos (sangat bagus sekali) tulisannya om jay selalu menarik untuk dibaca

    ReplyDelete
  6. Bukunya bagus.komplit.ada tandatangn dan doanya juga plus tantangan hehe. Kayak tutorial lengkap menulis lah.dimulai dari peta buku.perbabnya siatematis dan ada latihannya dibelakang. Soalnya hanya satu dan harus dijawab.bukunya selesai dan segera diterbitkan .pas banget bagi pemula dan update ilmu bagi yang dah profesional.keren. artinya UKTUB.menulislah

    ReplyDelete
  7. Mantap om jay, boleh sedikit bertanya om jay, apakah boleh tulisan itu banyak fotonya seperti ini om jay
    https://gdetikom.wordpress.com/aquaponik-bali/
    mohon masukkannya om, terima kasih

    ReplyDelete
  8. Sangat bagus dan membuat semangat bagi saya sebagai guru yg baru mengenal bloger..moga bisa mengikuti penulis hebat🙏

    ReplyDelete
  9. Ibarat sedang kehausan dan diberi minuman segar. Terimakasih omjay sdh bersusah payah membangkitkan semangat menulis bagi saya khususnya.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Karya yang sungguh memotivasi untuk lebih giat belajar menulis..mantap

    ReplyDelete
  12. Membaca artikel ini membuat saya semakin termotivasi untuk bisa jadi penulis hebat. Meskipun untuk memujudkannya banyak tantantan yang harus saya hadapi. Terima kasih om Jay

    ReplyDelete
  13. Semoga dari males menjadi mau dan terbiasa...Terima kasih om.jay....Sy siap belajar menulis dari.0...

    ReplyDelete
  14. Semoga dari males menjadi mau dan terbiasa...Terima kasih om.jay....Sy siap belajar menulis dari.0...

    ReplyDelete
  15. Perlu sebuah keberanian untuk menuliskan apa yg ada dalam pikiran .. bravo ...

    ReplyDelete
  16. Sangat menginspitatif, ternyata semua orang bisa menulis dan bisa eksis bila dia tahu persis akan kemampuan dirinya

    ReplyDelete
  17. Om Jay memng swllu jdi motivtior hebat bagi say nulis emul Tris O Jay atas kesempatan beljr mebukis INI

    ReplyDelete
  18. Ternyata minat dan niat seseorang bisa ditumbuhkan.
    Witing tresno jalaran Soko kuLino.
    Bisa karena terbiasa

    ReplyDelete
  19. Terinspirasi dengan apa yang telah dilakukan Om Jay dan bapak ibu.
    Dengan mengajar ketinggalan dalam 8 pertemuan sebelumnya, berlari kencang......akhirnya ikut termotivasi untuk belajar menulis. Walaupun masih sederhana....semoga terus bersemangat melakukannya..
    Terimakasih Om Jay atas ilmu dan motivasinya...

    ReplyDelete
  20. Awalnya saya juga ga berani untuk menulis, karena merasa tulisannya kurang menarik dibaca. Dg ikut lks menulis omjay saya beranikan mengirim tulisan ke komunitas orang2 yg suka menulis. Dan alhamdulillah respon mereka pisitif . terimakasih om jay

    ReplyDelete
  21. mantabs habis....semoga rangkaiam kata kata indah dari Omjay bisa meng insirasi saya..yang akan mulai belajar menulis trims Om jay....mohon bimbingannya ya

    ReplyDelete
  22. Keren sekali om jay, memberi motivasi kami utk lebih rajin berlatih menulis. Awalnya ga pede mau jadi penulis, tapi setelah baca tulisan om jay, jadi bersemangat. Mohon bimbingannya agar kami bisa menjadi seperti penulis sukses seperti om jay

    ReplyDelete
  23. semoga suatu saat bisa mengikuti jejak penulis untuk bisa menerbitkan buku kembali

    ReplyDelete
  24. Boleh cuma jadi mahal ongkos cetaknya

    ReplyDelete
  25. Semakin semangat selesai kan buku

    ReplyDelete
  26. Semangat semoga semua peserta bisa menyampaikan dengan b8

    ReplyDelete
  27. Terimakasih infiraainya Om jay.saya makin mantap berniat menulis

    ReplyDelete
  28. Super sekali Om Jay. Semoga saya yang masih awam ini bisa mengikuti jejak Om Jay. 🙏😊

    ReplyDelete
  29. Sangat meninginspirasi, penyemangat untuk mulai menulis

    ReplyDelete
  30. Mudah mudahan buku saya segera terbit

    ReplyDelete
  31. Sangat menginspirasi dan termonivasi, Semoga bisa mengikuti para penulis yg sdh ternama seperti Om Jay dkk

    ReplyDelete
  32. Ternyata mmenulis hanya butuh keberanian dengan tema yang sederhana bisa menjadi tulisan yg mengalir enak dibaca, hebat....mantap

    ReplyDelete
  33. Betul sekali om jay kita kaya dgn imanjinasi dan kreativitas ... saya termotivasi betul semangat om Jay,apa lagi didaerah saya masuk langka sekali yg mau menulis ... insha allah kalau saya berhasil menulis buku saya akan memotovasi juga kWan didaerah saya

    ReplyDelete
  34. Betul om jay kita kaya dgn imajinasi dan kreatifitas

    ReplyDelete
  35. Superrr sekali.....
    Sangat menginspirasi sekali....

    ReplyDelete
  36. Pingin punya buku
    Semoga bisa terwujud

    ReplyDelete
  37. Bismillah semoga segera terwujud punya buku penerbit mayor

    ReplyDelete
  38. Sedap sekali tulisannya ,resepnya sudah diberikan semoga jg bisa menjadi koki yg handal seperti Om Jay bukan cuma jadi penikmat,trmksh Om Jay doakn kami behasil.

    ReplyDelete
  39. Sangat menginspirasi. Akan saya terapkan. Terima kasih Om Jay. Semoga selalu berjaya.

    ReplyDelete
  40. Mwnjadi inspirasi dan termotivasi menjadi orang penulis. Trmksh Om Jay

    ReplyDelete
  41. Semoga saya mampu menerapkan 7 langkah menjadi penulis buku best seller. Teroma kasih Om Jay, tulisannya selalu menginspirasi.

    ReplyDelete
  42. Sepertinya asik juga kalau jadi penulis,paling tidak kita sudah mencoba menuangkan ide mungkin juga unek-unek,tapi mungkin bisa menjadi motivasi dan inspirasi buat yang membacanya, terimakasih om Jay .

    ReplyDelete
  43. https://naniku2020.blogspot.com/2020/04/rangkuman-pelajaran-bapak-encon-rahman.html

    ReplyDelete
  44. Tulisannya enak dibaca,mengalir seperti air sungai, tau tau udah selesai dibaca ga terasa

    ReplyDelete