Saturday, April 4, 2020

Indahnya Wajah Kota Kupang


INDAHNYA WAJAH KOTA KUPANG SAAT INI
Oleh:
Emy Retno Rahayu, S.sos., M.Si Pengawas SMA Provinsi .Nusa Tenggara Timur



Memasuki era globalisasi yang semakin canggih, dari detik ke menit berjalan berubah menjadi jam ke hari tanpa terasa kita sudah beranjak di jaman yang penuh fasilitas lengkap dan sangat canggih, betapa tidak? saat aku pertama kali menginjakkan kaki di kota flobamora, fasilitas tidak selengkap saat ini tatkala itu... Perbedaan yang begitu mencolok hingga 180 derajat, Kupang yang dulu kota sepi sekarang berubah drastis... semua fasilitas ada mulai dari belanja di super market 24 jam Hipermart, Transmart, Ramayana dan tak kalah hotel-hotel berbintang seperti Aston, Swiss bellin, Amaris, Timor rest dan Selvia.
Millinium on the Rock semua dilengkapi dengan ball room seperti grand mutiara dan banyak fasilitas lagi yang turut mendukung dan kelancaran kebutuhan  masyarakat kota kupang dan para turis mancan negara. Tepatnya saat aku mutasi dari kota Kediri ke Kupang NTT di tahun 1993 kota Kupang masih sepi, terbukti jalan raya, hotel, kolam renang, tempat belaja dan sebagainya, belum dibangun gedung bertingkat, dan tatkala ada hanya satu gedung yaitu gedung keuangan negara yang letaknya di jalan Eltari 2 didepan taman Nostalgia kota Kupang NTT.
Seiring tumbuh kembangnya kota kupang di tanah timor bolelebo, berkembang pula sekolah sekolah SD hingga Perguruan ternama dan berkembang pula Universitas Negeri maupun swasta bertarap nasional.  Perusahaan swasta, toko ruko lantai 2 berjajar di jalan menambah semaraknya kota kupang yang sekaligus mempercantik wajah kota Kupang NTT saat ini.
Tumbuh kembangnya kota kupang dibarengi fasilitas lain yang menunjang lajunya keuangan dengan dibangunnya bank pemerintah maupun swasta, dibangunnya ATM dilokasi yang strategis, serta transportasi yang lancar seperti taxi, grab dan lain sebagainya untuk masyarakat kota Kupang beraktivitas menuju ke bandara pelabuhan maupun ke kantor serta aktivitas lainnya.
Inilah transformasi kota Kupang saat ini, semoga kota Kupang semakin Maju dan Berkembang. aamiin.


5 comments: