Wednesday, April 1, 2020

Bagaimana Cara Membuat Desain Pembelajaran Jarak jauh?

Pukul 19.00 WIB materi kelima dibuka Om jay dengan memperkenalkan narasumber sekaligus sebagai pembina komunitas Guru TIK Indonesia. Narasumber tersebut adalah  bapak Indra Charismiadji. Pakar Pendidikan Indonesia yang sudah terkenal secara nasional maupun internasional.



Bapak Indra mengawali dengan perkenalan beliau memperkenalkan diri sebagai seorang praktisi dan pemerhati pendidikan indonesia. Sekarang beliau aktif sebagai narasumber motivator yang bergerak dalam pembelajaran abad 21.

Beliau memulai dengan mengajak peserta untuk sharing pengalaman pembelajaran online selama masa dirumahkan. Pembelajaran jarak jauh telah dilkukan guru dan siswanya. Saya termasuk peserta yang share tentang keadaan dan aplikasi yang saya gunakan untuk kegiatan daring di sekolah. Kemudian beliau menanyakan perihal kendala di lapangan. Rata-rata hampir semua sharing yang dibagikan peserta merupakan keterbatasan akses dan perangkat di daerahnya.

Melanjutkan materinya, Pak Indra memaparkan melalui share screen power poin dan slide pertamanya mengajak kita memahami 4 pilar pendidikan menurut UNESCO.4. Keempat pilar pendidikan ini adalah pegangan kita sebagai praktisi pendidikan.

Learning to know ( belajar untuk tahu), learning to do (belajar untuk melakukan ), learning to be( belakar untuk menjadi),serta learning to live together( belajar untuk hidup bersama).


Pendidikan bukan tentang apa yang dipelajari. Beliau mencontohkan dengan perkembangan zaman dari nokia, blacberry hingga sekarang berbasis android. Hal ini merupakan perumpamaan bahwa jika kita berpatokan pada materi, maka materi itu akan usang pada masanya. Apalagi dimasa sekarang revolusi industi 4.0 semakin banyak pekerjaan yang akan tergantikan oleh teknologi terkini.

Menurutnya pembelajaran jarak jauh yang efektif adalah menggunakan LMS (Learning Manajemen System) Standart pembelajaran menggunakan Whatsapp (WA) tidak cocok untuk daring. Begitupun dengan ceramah melalui vidio Online. Selain membutuhkan bandwith yang besar siswa juga terkesan sekedar menerima informasi (diberitahu), padahal tuntutannya adalah bagaimana mereka bisa membuat karya dan bukan sekedar tahu. Pada abad 21 ini tugas guru adalah sebagai leader, fasilitator, sekaligus motivator bagi siswa. Guru seharusnya memberikan pengalaman belajar kepada siswa untuk menemukan sendiri solusi masalahnya.

Pada slide yang lain, beliau juga memaparkan tentang 3I Framework yang merupakan 3 kunci penting dalam framework pendidikan yakni infrastruktur, Infostruktur dan infokulture ketiga hal ini merupakan hal yang harus diperhatikan, jika tidak maka pembelajaran tidak akan maksimal, seperti penyediaan sarana dan prasarana, web hosting serta kultur pembelajaran yang sesuai dengan zamannya.


Penilaian  diberikan oleh guru, namun fokuslah pada portofolio peserta didik, dan ajak mereka membuat blog, games aplikasi atau apa saja yang membuat mereka aktif dan kreatif sesuai masanya. Seperti apa yang dilakukan omjay dkk dalam kegiatan belajar menulis melalui WA Group, dimana peserta diwajibkan membuat resume materi kuliah online yang dipubikasikan melalui blog di internet.

Lalu bagaimana cara membuat desain pembelajaran jarak jauh? Silahkan anda unduh materi dari Pak indra Charismiadji/.

Materi pak Indra dapat anda unduh di sini.

Eva Hariyati Israel
Sman 1 kota kupang

119 comments:

  1. Replies
    1. sama sama, tlg bantu sebarkan ke guru lainnya agar dibaca, tks

      Delete
  2. Semua peserta wajib membuka link ini dan memberikan komentarnya, sebagai bukti telah ikut menyimak pembelajaran jarak jauh yang disampaikan oleh pak @Indra Eduspec , silahkan klik https://wijayalabs.wordpress.com/2020/04/02/bagaimana-membuat-disain-pembelajaran-jarak-jauh/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget materinya sesuai kebutuhan saat ini

      Delete
    2. betul, sekarang banyak guru menjadi tahu apa yg harus mereka lakukan di kelas online

      Delete
    3. Siap pak. Apalagi saya kemarin telat masuk. Link ini membantu saya tentang materi pak indra

      Delete
    4. Siap mengisi komentar tanda bahwa sdh ikut mengikuti live streaming dari P Indra


      Delete
    5. sip, jangan lupa membuat resumenya di blog masing-masing

      Delete
  3. masalahnya selalu sama. keterbatasan sarpras digital.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gunakan teknologi yg ada, dan jangan menyerah, jadilah guru tanguh berhati cahaya.

      Delete
  4. Materi ini sangat² menarik bagi saya, akan tetapi kalo di daerah seperti ini kendala terbesar adalah jaringan sinyal yang sulit sekali.
    Semoga ke depan ada solusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hal itulah yg sdh saya sampaikan langsung ke pak jokowi saat diundang makan siang ke istana negara, semoga kesulitan jaringan dapat segera diatasi di seluruh indonesia.

      Delete
  5. Om Jay. bagaimana ya agar kita bisa mudah menuangkan apa yang kita dapat dalam sebuah tulisan yang menarik ? setiap saya baca hasil tulisan teman teman, enak untuk dibaca. saya punya kekuranga jika harus menulis secara ilmiah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuatu yg ilmiah, awalnya dari sesuatu yg alamiah, sekarang mulailah menulis dari hal hal yg disukai dan kuasai, lalu berlatihlah menulis setiap hari lalu perhatikan apa yg terjadi.

      Delete
    2. Materi kereen, power point juga jelas terlihat tapi saya terkendala dg jaringan, sehingga terputus-putus dan berisik karena peserta ada yg tidak mematikan mikenya...tp kereen...πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Delete
    3. betul, ini pertemusn perdana, semoga lain waktu kita bisa buat lebih baik

      Delete
  6. Replies
    1. semoga bisa langsung dipraktikkan saat ini di kelas online

      Delete
  7. Materinya sangat keren , trima kasih om jay

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama, indahnya berbagi dan saling berkolabori serta melengkapi

      Delete
  8. ini yg baru saya tau mengenai 4 pilar pendidikan menurut UNESCO. memang benar mnurut pak indra. dalam pembelajaran jarak jauh harus memperhatikan tujuan dan proses bagaimana mencapai tujuan tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul dan kita semua emnajdi fokus untuk mendisain pembelajaran jarak jauh yg menarik

      Delete
  9. Alhamdulillah terima kasih Mr Indra menambah wawasan Sy dan Om Jay jazakumulloh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama pak, mari kita praktikkan di kelas online

      Delete
  10. Belajar secara langsung maupun daringvyg utama adalah adanya kemanfaatan buat peserta didik. Bukan hanya transfer teori yg tanpa praktek. Trimakasih ilmunya Om Jay

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama, kuncinya adalahb interaksi antara guru dan siswa serta karya siswa untuk penilaian guru

      Delete
  11. Terima kasih ilmunya pak Indra dan Om Jay...sukses selalu

    ReplyDelete
  12. Luar biasa ilmu yang diberika bpk indra...sangat menginspirasi dan membangkitkan semangat utk berkreasi berinovasi...terima kasih banyak..bpk.indra

    ReplyDelete
  13. Jadi menyenangkan. Ternyata menggunakan teknologi memudahkan menjadi guru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul dan membuat guru menjadi kreatif dalam menggunakannya

      Delete
  14. Sesuai kebutuhan saat ini demi menyiapkan masa depan. TOP

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju dan mari kita siapakan sdm unggul indonesia dari skg

      Delete
  15. Saya bersyukur mendapat materi dari Pak Indra. Saya seperti diingatkan kembali bagaimana seharusnya melakukan pembelajaran dengan siswa.

    ReplyDelete
  16. Betul yang disampaikan oleh bapak Indra,,terjadi di sekolah saya ketika siswa diberikan tugas daring hanya terpatok pada teori, anak cenderung bosan dan mengeluh tentang banyak tugas. Tetapi ketika saya ubah tugas sesuai dengan gaya mereka, yaitu dengan membuat video yang mengulas sesuatu tetapi masih sesuai konsep materi kemudian diunggah di medsos, penilaian dari banyak view+jempol,kekreatifab siswa seketika keluar dan hasil nya sungguh luar biasa 😊

    ReplyDelete
  17. Mantap Pak. membuka wawasan saya serta mata batin saya, bahwa selama ini saya banyak kekurangannya. Thank coach Indra and host on jay

    ReplyDelete
  18. 4 pilar pendidikan menurut UNESCO

    ReplyDelete
  19. Bisa jadi suatu saat semua proses pembelajaran dilakukan dengan sistem jarak jauh apalagi di era 4.0 yang berbasis digital.

    ReplyDelete
  20. Materi yang dipaparkan kemarin malam oleh bpk indra sesuai dengan keadaan saat ini (WFH) akan tetapi untuk saya yang didaerah PJJ hanya bisa menggunakan aplikasi WA karena saya terkendala perangkat dan SDMnya. Terkadang yang membuat saya sedih ilmu yang saya dapat dari pelatihan tdk bisa saya bagikan kepd siswa maupun guru lain.

    ReplyDelete
  21. Materinya sangat membantu kami, para guru yang saat ini sedang melakukan pembelajaran jarak jauh.

    ReplyDelete
  22. semakin semangat belajar dan mengajar secara daring

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah dapat juga saya informasikan materi dengan menggunakan webex malam tadi. Terima kasih ya Ibu Eva Heriyanti di Kupang dan Om Jay.

    ReplyDelete
  24. Terimakasih sudah diingatkan lagi tentang learning to know, to do, to be and to live together.

    ReplyDelete
  25. Alhamdulillah dapat juga saya informasikan materi dengan menggunakan webex malam tadi. Terima kasih ya Ibu Eva Heriyanti di Kupang dan Om Jay.

    ReplyDelete
  26. Benar yg dikatakan pak Indra. Guru kalau hanya berfokus pada materi ajar yg terkesan monoton dan itu2 saja maka akan usang termakan zaman.
    Kendalanyanya sekarang ada pada pengawas sekolah yg masih menekankan kepada gaya lama

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah .ada ilmu yg sdh didapat selain dari pemberi materi dari pak Indra..paling tidak sdh tergambar apa itu webek meet..
    dpt diaplikasikan untuk meet guru jarak jauh..

    ReplyDelete
  28. ilmnu yang bermanfaat. Smoga dapat kita implememtasikan.

    ReplyDelete
  29. Materi semalam cocok sekali dengan momen saat ini WFM, cuma permasalahan yang saya alami di sekolah saya krisis infrastruktur, peralatan yang kurang memadai menjadikan kendala pembelajaran model WFH. Walaupun belum bisa dipraktekkan secara maksimum, minimal buat nambah ilmu buat saya, makasih omjay dan Pak Indra top markotop

    ReplyDelete
  30. Sangat menginpirasi,semakin nembuja wawasan saya untuk menggunakan medsos dalam pembelajaran

    ReplyDelete
  31. Bagus,sejalan dengan yang dibutuhkan saat ini.

    ReplyDelete
  32. pemebelajarannya sangat bagus,namun beberapa kendala terjadi didaerah pelosok karna minimnya saparas

    ReplyDelete
  33. Materi yg disampaikan Pak Indra tadi malam sangat bagus, menarik, dan relevan dgn kondisi pendidikan saat ini. Hal ini juga yg menjadi pencerahan bagi guru, terutama dlm upaya mendesain pembelajaran jarak jauh yg efektif sesuai dgn kondisi daerah masing - masing. Terima kasih Om Jay sdh memfasilitasi kegiatan td malam. Sungguh bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. joos, dengan teknologi kita bisa saling berbagi, indahnya kolaborasi dengan teknologi kekinian

      Delete
  34. tinggal menerapkan pada pjj setiap hari. juga terima kasih tambahan ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari kita tambah terus ilmu kita dgn belajar bersama

      Delete
  35. Materi semalam cocok sekali dengan momen saat ini WFM, cuma permasalahan yang saya alami di sekolah saya krisis infrastruktur, peralatan yang kurang memadai menjadikan kendala pembelajaran model WFH. Walaupun belum bisa dipraktekkan secara maksimum, minimal buat nambah ilmu buat saya, makasih omjay dan Pak Indra top markotop

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillah dengan materi yg baru ini mengajarkan kepada kita bagaimana kita bisa mengajar dengan jarak jauh meskipun ada berbagai kendala dilapangan yang berhubungan dengan koneksi internet.

    ReplyDelete
  37. Alhamdulillah dengan materi yg baru ini mengajarkan kepada kita bagaimana kita bisa mengajar dengan jarak jauh meskipun ada berbagai kendala dilapangan yang berhubungan dengan koneksi internet.

    ReplyDelete
  38. Materi yang di sampaikan pak indra semalam sangat bagus dan bisa di coba sebagai pjj terima kasih

    ReplyDelete
  39. Terima kasih sharingnya.. mudah2an bisa diaplikasikan dlm pembelajaran ke depannya

    ReplyDelete
  40. Materi bpk Indra bagus banget, namun akan sulit dipraktekkan didaerah yg terkendala dg jaringan internet,dan para guru yg minim dg teknologi,juga tanpa dukungan orang tua, namun off line menurut pendapat sy masih sangat diperlukan,karena psikologi anak akan terbentuk berbeda jika mereka bisa bertemu langsung dengan gurunya, mereka bisa mengingat Gaya mengajar gurunya Dan akan sangat diingat dipikiran mereka, krn mengajar tidak hanya mendapatkan ilmu atau pelajaran namun akan membentuk karakter mereka,. menurut saya tidak sepenuhnya dg daring tapi luring juga bermanfaat,. hubungan emotional antara guru Dan peserta didik sangat membantu keberhasilan peserta didik.Demikian pendapat sy, boleh setuju Dan boleh tidak,.. kembali lagi teaching is an art,. setiap org memiliki Gaya Dan Cara atau Teknik mengajar yang disesuaikan dg para siswanya Dan masih banyak faktor lain

    ReplyDelete
  41. Menurut saya video conference juga bermanfaat dalam kuliah online untuk membantu LMS senagai platform. Vicon bisa dimanfaatkan untuk siswa yang akan melakukan presentasi dan pengajar bisa memberikan masukan contoh mengenai isi dan juga dari segi pelafalan (pronunciation). Pemanfaatan vicon tentu tidak perlu digunakan sering, melainkan secukupnya saja.
    Terima kasih
    Lely Novia (https://wordpress.com/home/missnoopyyy.wordpress.com)

    ReplyDelete
  42. saya hikmat barkah, senang belajar d kelas menulis.Ternyata selama proses mengajar kita terlal jauh menyimpang dr 4 standar WHO. semoga dengan WFH dan HL kita kembali pada hakekatnya mengajar dan belajar.

    ReplyDelete
  43. saya hikmat barkah, senang belajar d kelas menulis.Ternyata selama proses mengajar kita terlal jauh menyimpang dr 4 standar WHO. semoga dengan WFH dan HL kita kembali pada hakekatnya mengajar dan belajar.

    ReplyDelete
  44. Alhamdulillah saya mendapat ilmu dari pak Indra tentang pembelajaran daring "Cara Membuat Desain Pembelajara Jarak Jauh" namun kendalanya adalah sarana yang dimiliki siswa dan kemampuan dari guru yang masih belum semua memahami teknologi. Namun, pasti akan bisa diterapkan pada pembelajaran ke depan.

    ReplyDelete
  45. Memang betul diera serba digital seperti sekarang ini para guru dituntut untuk bisa mengikuti apa yang diinginkan siswa dalam model belajar yang lebih menyenangkan.. untuk itu materi ini pas banget dengan kebutuhan kita sebagai pendidik jaman now.

    ReplyDelete
  46. Luar biasa! Materi yg sngat bagus.Hari pertama bergabung.smg bs sgera mengikuti.

    ReplyDelete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  48. Penambah wawasan dalam membuat media pembelajaran

    ReplyDelete
  49. Materinya sip...sangat membantu kami saat ini.

    ReplyDelete
  50. Alhamdulillah, materi yang disampaikan sangat bermanfaat, apalagi jika dikaitkan dengan kondisi saat ini, pembelajaran jarak jauh menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, ini memicu para guru tuk lebih semakin melek IT, belajar, belajar dan belajar terus agar dapat meng-up grade keterampilan dan pengetahuannya dalam mendidik siswa-siswa di era Industri 4.1, semangat kawan-kawan

    ReplyDelete
  51. materinya bagus, bisa dimanfaatkan dalam situasi saat ini.

    ReplyDelete
  52. Alhamdulilla meskipun sedikit ada gangguan dalam belajar tapi sangat bermanfaat sekali. Trm ksh om Jay

    Menurut saya pembelajaran daring ini sangat bagus namun belum bisa dipergunakan untuk semua siswa d semua daerah.
    Kenapa?
    Karena:1.belum semua guru yg bisa melek IT sehingga mengambil jurus termurah, nyuruh siswa di wa grup catat buku/kerjakan latihan ... Hal... nanti diphoto lalu japri ke wa ibu/bpk
    2. Belum semua siswa punya android
    3.dukungan orang tua siswa yg belum optimal terhadap anak nya belajar dirumah
    4.tidak semua wilayah terjangkau oleh jaringan internet

    Mungkin itu menurut saya om Jay,maaf jika kurang tepat d kurang berkenan di hati πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  53. Om Jay, terima kasih telah mengadakan kelas menulis online dan menghadirkan pemateri-pemateri yang luar biasa. Semoga berkah dan sehat selalu 🀲

    ReplyDelete
  54. Bagus
    Alternatif baru untuk pembelajaran

    ReplyDelete
  55. ALkhamduLiLLah tambah iLmu Lagi.
    Pertama kaLi dengar konsep 3I.
    Benar² mantuL, surenduL, takenduL-kenduL ngeeeuuuunnaaaahhh.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  56. Materi kereen, power point juga jelas terlihat tapi saya terkendala dg jaringan, sehingga terputus-putus dan berisik karena peserta ada yg tidak mematikan mikroponnyq

    ReplyDelete
  57. Materi bpk Indra bagus banget, namun akan sulit dipraktekkan didaerah yg terkendala dg jaringan internet,dan para guru yg minim dg teknologi,juga tanpa dukungan orang tua, namun off line menurut pendapat sy masih sangat diperlukan,karena psikologi anak akan terbentuk berbeda jika mereka bisa bertemu langsung dengan gurunya, mereka bisa mengingat Gaya mengajar gurunya Dan akan sangat diingat dipikiran mereka, krn mengajar tidak hanya mendapatkan ilmu atau pelajaran namun akan membentuk karakter mereka,. menurut saya tidak sepenuhnya dg daring tapi luring juga bermanfaat,. hubungan emotional antara guru Dan peserta didik sangat membantu keberhasilan peserta didik.Demikian pendapat sy, boleh setuju Dan boleh tidak,.. kembali lagi teaching is an art,. setiap org memiliki Gaya Dan Cara atau Teknik mengajar yang disesuaikan dg para siswanya Dan masih banyak faktor lain.
    Copas dari Blue Sea.
    Terima kasih.
    Saya sangat setuju pendapat anda.mungkin kondisi wilayah dan kultur masyarakat baik guru, orangtua maupun sisa kita sama. Belum sepenuhnya menerima ITE.
    Copas dari *Blue Sea*

    ReplyDelete
  58. Butuh perjuangan ketika maayarakat sudah tertanam bahwa internet adalah WA.

    ReplyDelete
  59. Siap pak...butuh kerja keras untuk ke arah yg baoak sampaikan...semoga kita bisa...semnagattt

    ReplyDelete
  60. Siap pak...butuh kerja keras untuk ke arah yg baoak sampaikan...semoga kita bisa...semnagattt

    ReplyDelete
  61. Siap pak...butuh kerja keras untuk ke arah yg baoak sampaikan...semoga kita bisa...semnagattt

    ReplyDelete
  62. Bagus, bisa diimplementasikan di sekolah yang terkendala jarnet

    ReplyDelete
  63. Om jay ini sangat bermanfaat dapat dimanfaatkan disekolah dan perlu diterpkan

    ReplyDelete
  64. Materi terUpdate sesuai kondisi saat ini, mantul.

    ReplyDelete
  65. Pembelajaran jarak jauh sangat menarik,tapi didaerah tempat tugas saya jaringan dan sarana prasara sekolah maupun peserta didik belum memadai

    ReplyDelete
  66. Bagus diterapkan disekolah,namun di tempat tugas saya masih banyak gendala,baik dari sistem jaringan,maupun sarana dan prasarana dari sekolah maupun dari peserta didik sendiri

    ReplyDelete
  67. Mantap,..bisa diterapkan dg siswa

    ReplyDelete
  68. Terima kasih karena telah mengajarkan hal yang bermanfaat dan sesuai dengan kondisi sekarang yang semuanya serba memakai teknologi yang canggih

    ReplyDelete
  69. Memang edialnya dalam pembelajaran demikian memahami 4 pilar pendidikan menurut UNESCO.4. Keempat pilar pendidikan ini adalah pegangan kita sebagai praktisi pendidikan.

    Learning to know ( belajar untuk tahu), learning to do (belajar untuk melakukan ), learning to be( belakar untuk menjadi),serta learning to live together( belajar untuk hidup bersama).
    Tentunya harus pula memperhatikan dan dukungan 3I Framework yang merupakan 3 kunci penting dalam framework pendidikan yakni infrastruktur, Infostruktur dan infokulture ketiga hal ini merupakan hal yang harus diperhatikan, jika tidak maka pembelajaran tidak akan maksimal, seperti penyediaan sarana dan prasarana, web hosting serta kultur pembelajaran yang sesuai dengan zamannya.
    Nah disinilah kita banyak mengalami kendala seperti sarana dan prasarana yang belum mumpuni dan tidak merata pada setiap daerah dan setiap sekolah. letak geografis wilayah dengan topografi yang berbeda-beda sehingga jaringan internet sangat tidak merata ditambah sistem pendidikan kita yang menganut sistem klasikal pada setiap individu memiliki karakter dan latar belakang keluarga, budaya, sosial yang beragam

    ReplyDelete
  70. Materi yang sangat bagus,dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  71. Materinya bagus dan bermanfaat

    ReplyDelete
  72. bagus & bermanfaat... tp terkendala dg jaringan d kota kami om jay serta limited capability in IT weather the teacher nor the students

    ReplyDelete
  73. bagus & bermanfaat... tp terkendala dg jaringan d kota kami om jay serta limited capability in IT weather the teacher nor the students

    ReplyDelete
  74. Materinya sangat bermanfaat,semoga saya bisa menerapkan, hanya saja kondisi saya mengajar di Daerah Terpencil dan tertinggal sinyal susah jaringan internet susah untuk diakses, butuh tower penguat sinyal. ini merupakan tantangan....

    ReplyDelete
  75. Terima kasih materi yang disampaikan sangat membuka wawasan tentang PJJ

    ReplyDelete
  76. super sekali cara pak Indra menanggapi pertanyaan teman-teman, dan trimakasih sekali atas inovasi Bang Jay, berkat gabung di group menulis, kita punya kesempatan untuk menerima curahan ilmu dari motivator-motivator handal thanks aloot

    ReplyDelete
  77. Al hamdulilah dari blog om jay saya bisa membuat resume. karena saya telat masuk forum webex

    ReplyDelete
  78. Banyak belajar lagi dari Omjay

    ReplyDelete
  79. Trmksh Omjay, mateti yang disampaikan sangat memotivasi

    Http://elitheseries.blogspot.com

    ReplyDelete