Komunitas Sejuta Guru Ngeblog

Komunitas Sejuta Guru Ngeblog
KSGN

Tuesday, March 31, 2020

Resume Pertemuan keempat oleh: waryanto

Nara sumber : Ibu Sri Sugiarti

Untuk menjadi seorang penulis yang 'branded', bukan sekejap. Tetapi penuh liku- liku. Dalam blognya Ibu Sri menceritakan sebuah proses yang teramat panjang untuk menjadi seorang penulis. Pertemuan tersebut dapat diringkas sebagai berikut:

  1. Berani memulai. Langkah awal menentukan  arah tujuan kita menjadi penulis.
  2. Berani tantangan. Ibarat seorang bayi yang baru berjalan, tidak mungkin selangkah dua langkah langsung bisa berjalan mahir. Demikian pula dengan menulis. Tulisan yang kita anggap bagus belum tentu bisa dinikmati oleh orang lain. Oleh itu diperlukan  sebuah penilaian oleh orang lain. Untuk memperoleh suatu timbangan tulisan, kita harus aktif pada suatu komunitas. Sperti komunitas om Jay.
  3. Berani bertanya. Ketika tulisan kita telah 'matang' dan banyak artikel yang telah kita buat, saatnya kita membuat buku. Banyak langkah yang kita lalui. Alhamdulillah Ibu Sri menjelaskan proses dan mu membantu pengarahkan proses tersebut.
  4. Berani ikhlas. Kadang proses menjadi buku menemui banyak kendala, seperti yang tertuang dalam blog Ibu Sri. Bekali diri dengan ikhlas. pasti akan diganjar kebaikan pada suatu saat.
  5. Berani sukses. Bila langkah 1 sampai dengan 4 telah kita lalui, saatnya kita raih kesuksesan tanpa melupakan syukur nikmat yang Allah berikan.

Semoga kita selalu diberkah ikesehatan fisik dan jiwa sehingga bisa terus berkarya.


waryanto walinem matematikawaryanto@gmail.com

No comments:

Post a Comment