Komunitas Sejuta Guru Ngeblog

Komunitas Sejuta Guru Ngeblog
KSGN

Monday, March 30, 2020

Benarkah berjemur 15 Menit kena sinar matahari menyehatkan?


Omjay dapat info dari wa group. Katanya berjemur 15 menit kena sinar matahari dapat menyehatkan tubuh dan katanya dapat mencegah virus corona merajalela. Benarkan demikian? Nanti kita cari informasinya lewat google.com saja. Hehehe




Kalau dirasakan sih badan jadi seger dan berkeringat. Tapi jangan lama lama karena bahaya. Kulit kamu bisa gosong alias hitam. Tidak sawo matang lagi khas kulit orang Indonesia.



Belajar di rumah pasti menyenangkan kalau akses internetnya kenceng kayak di rumah omjay di Jatibening Indah Bekasi Jawa barat. Kita bisa posting artikel di blog dan nonton di youtube.com.



Nanti kamu lihat vidionya aja di youtube channel omjay dengan mengetik http://youtube.com/wijayalabs. Apalagi sambil menikmati gudeg Yogya.



Ini karya salah seorang guru tentang gudeg Yogya

Gudeg jogja

Gudeg jogja adalah masakan tradisional dari Yogyakarta, sehingga membuat kota ini dikenal dengan nama Kota Gudeg. Sejarah gudeg di Yogyakarta dimulai bersamaan dengan dibangunnya kerajaan Mataram Islam di alas Mentaok yang ada di daerah Kotagede pada sekitar tahun 1500-an. Gudeg sejatinya bukan berasal dari kerajaan tapi berasal dari masyarakat. 

Gudeg terbuat dari nangka muda mentah (Jawa: gori). Direbus selama beberapa jam dengan gula aren, dan santan rempah-rempah tambahan termasuk bawang putih, bawang merah, kemiri, biji ketumbar, lengkuas, daun salam, dan daun jati, yang memberikan warna coklat kemerahan ke masakan. Dengan berbagai campuran bumbu tersebut, gudeg menjadi terasa manis dan memiliki rasa yang khas dan enak sesuai dengan selera masyarakat Jawa pada umumnya.

Gudeg umumnya disajikan dengan nasi, telur ayam, paha ayam/sayap ayam,  tahu  atau tempe, dan sambel goreng krecek sup yang terbuat dari kulit sapi renyah.

Karya Sugiyatno, S.Pd
SDN Gatak Tanjungsari Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta

Salam blogger persahabatan
Omjay
Guru blogger indonesia.

2 comments: