Komunitas Sejuta Guru Ngeblog

Komunitas Sejuta Guru Ngeblog
KSGN

Friday, May 22, 2020

Belajar Semudah Klik


KATA PENGANTAR GURU BLOGGER INDONESIA

Pembelajaran online merupakan salah satu opsi yang ditawarkan oleh pemerintah melalui Permendikbud No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Virus Corona. Belajar dari Rumah melalui pembelajaran jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum. Baik itu untuk kenaikan kelas maupun untuk kelulusan. Belajar menjadi semudah KLIK. Tinggal Klik sana, dan Klik Sini.



Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, pemanfaatan TIK sudah merambah pada perangkat selular, maka sistem e-learning pun mulai bergeser, dan sebagai bentuk evolusi trend aplikasi teknologi dalam pendidikan yang lebih baru, muncullah istilah Ubiquitous Learning (U-learning). U-learning merupakan lingkungan pembelajaran setiap hari yang didukung oleh perangkat mobile dan embedded computer serta menggunakan jaringan wireless dalam kehidupan kita sehari–hari. Tujuan dari U-learning adalah untuk menyediakan konten dan interaksi bagi para pembelajar di mana saja dan kapan saja. Hal yang menarik dari U-learning adalah jarak antara sumber belajar dengan pembelajar itu sendiri hanyalah satu klik saja. Hal ini bermakna bahwa belajar itu sangatlah mudah. Siapapun dapat belajar di mana saja, kapan saja, dan bagaimana saja caranya.



Dalam U-learning, kendali utama pembelajaran berada pada pembelajar itu sendiri. Sehingga dalam hal ini pembelajar harus menyadari bahwa belajar adalah sebuah kebutuhan. Jika seorang pembelajar sudah menganggap belajar sebagai kebutuhan, maka ia akan cenderung mengupayakan berbagai macam cara untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang diinginkannya. Membangun Ekosistem Ubiquitous Learning Dalam Konsep Merdeka Belajar sangat penting dilakukan dalam belajar dari rumah.



Dalam ekosistem ubiquitous learning, kepala sekolah mempunyai peran yang sangat penting karena ada inovasi yang akan diterapkan pada satuan pendidikan yang dipimpin olehnya. Inovasi ini tentunya baru dapat berjalan dengan baik jika didukung oleh kebijakan internal yang diambil oleh kepala sekolah sebagai pucuk pimpinan dalam lini sekolah sebagai satuan pendidikan di bawah naungan Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Kabupaten/Kota.



Buku ini menggali lebih banyak tentang lingkungan U-learning, interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan peserta didik yang satu dengan peserta didik yang lain berlangsung dalam lingkungan virtual. Di sana, peserta didik “berbicara” serta berinteraksi dengan dunia pengetahuan secara intensif dengan menggunakan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK).

Salam Blogger Persahabatan
Omjay
Guru Blogger Indonesia

9 comments:

  1. Alhamdulillah, sudah saatnya pembelajaran berbasis TIK

    ReplyDelete
  2. Saat ini guru juga harus menguasai teknologi khususnya utk pembelajaran zaman now

    ReplyDelete
  3. Mau tidak mau, seorng guru harus bisa mengikuti perkembngn teknologi. Kuncinya mau belajar pastinya ya Om Jay?

    ReplyDelete
  4. Saatnya guru "melek"IT jangan sampai ketinggalan sama siswanya

    ReplyDelete
  5. Terima kasih utk dukungannya trhdp karya buku ini, Om Jay. Salam blogger.

    ReplyDelete
  6. Puasa Terakhir di bulan Ramadhan.

    Pagi ini makan sahur seperti biasa. Makan mie goreng dan dadar telor. Segelas teh hangat pahit tanpa guru terasa nikmat di tenggorokan. Sementara sinetron preman pensiun 4 di rcti menemani makan sahur kami sekeluarga.

    Suara adzan subuh terdengar dari laptop. Ingin rasanya beranjak ke masjid seperti dulu. Tapi tak bisa. Wabah corona menghalanginya. Sudah 2 yang meninggal di daerah kami di Bekasi.

    Puasa terakhir di bulan ramadhan ini begitu berharga. Tak akan saya biarkan sedetikpun berlalu dengan sia sia. Dari bangun tidur sampai tertidur lagi. Harus terisi dengan kegiatan yang bermanfaat.

    Ambil air wudhu. Segera sholat subuh. Ajak anggota keluargamu sholat berjamaah. Mari kita berpacu mencapai derajat takwa.

    *Yaa Allah..Yaa Rabbana...*
    Di Penghujung Ramadhan 1441 H yang penuh Maghfirah, Rahmat dan BarokahMU ini, hamba memohon ke hadiratMU untuk Saudara"ku dan Sanak familiku, Sahabat"ku serta keluargaku...

    *Yaa Allah Yaa Rahmanu Yaa Rakhiiim*
    Berilah kami dan mereka semuanya AMPUNAN yang seluas"nya, limpahi kami kebaikan dan kenikmatan yg penuh ridha, rahmat, hidayah dan barokah dariMU untuk keselamatan di dunia dan akhirat nanti. Yaa Allah jika di saat ini, ada keluarga dan sahabatku yang sakit, sembuhkanlah mereka. *آمِيّنْ*

    Yaa Allah jika di saat ini ada keluarga dan sahabatku yang bermasalah, berilah jalan keluar untuk dia. *آمِيّنْ*

    Yaa Allah jika di saat ini ada keluarga dan sahabatku yang kesempitan rezeki, kau lapangkanlah rezekinya. *آمِيّنْ*

    Yaa Allah jika di saat ini ada keluarga dan sahabatku yang bermasalah diantara satu sama lain damaikanlah mereka. *آمِيّنْ*

    Yaa Allah jika disaat ini ada keluarga dan sahabatku yang sesat duniawi, maka kurniakanlah Nur CahayaMU kepada dia. *آمِيّنْ*

    Yaa Allah jika disaat ini ada keluarga dan sahabat ku yang lalai, kurniakanlah HidayahMu kepadanya. *آمِيّنْ*

    Yaa Allah jika di saat ini ada keluarga dan sahabatku yang bersedih hati... kembalikanlah kecerian di wajah mereka. *آمِيّنْ*

    Yaa Allah jika disaat ini ada keluarga dan sahabat ku yg berada di persimpangan jalan yg berliku, tunjukkanlah kejalan yg Engkau ridhai, Berikan kesempatan dan kemanfaatan hidup kepada kami semua untuk berjumpa kembali dg RamadhanMU yg jauh lebih indah di tahun yg akan datang. *Yaa Aallah Yaa Mujib* Perkenankan dan kabulkanlah do'a hambaMU yang dhoif ini...

    *آمِيّنْ آمِيّنْ آمِيّنْ يَا رَبَّ العَـــالَمِيْن*

    Salam blogger persahabatan
    Omjay
    Guru blogger Indonesia
    Blog http://wijayalabs.com

    ReplyDelete
  7. Guru harus melek IT, mengupgrade diri lbh maju lagi agar siap memberi materi buat ank didiknya saat PJJ

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah... Workshop Belajar menulis, memotivasi saya utk selalu menulis dan berkarya, semangat guru hebat Indonesia.

    ReplyDelete