Komunitas Sejuta Guru Ngeblog

Komunitas Sejuta Guru Ngeblog
KSGN

Thursday, May 21, 2020

Membangun Kelas Maya Dengan Elearning, Sebuah Kata Pengantar dari Omjay


Kata Pengantar Omjay, Membangun Kelas Maya Dengan Elearning

Saya diminta untuk memberikan kata pengantar dalam buku KELAS MAYA Membangun Ekosistem E-Learning di Rumah Belajar yang ditulis oleh Ibu Eva Hariyati Israel. Setelah saya baca isinya, buku ini sangat menarik dan dibutuhkan saat Wabah Covid-19 ini. Buku ini akan memberikan sebuah konsep ekosistem e-learning yang dapat diterapkan hampir di semua kondisi dan karakteristik peserta didik. Ekosistem E-learning yang mudah untuk diakses dan digunakan dalam pembelajaran dimana saja, kapan saja dengan siapa saja. Pembelajaran dirancang guru agar menyenangkan semuanya. Walaupun tidak bertatap muka, guru dan siswa masih tetap berinteraksi dan saling berkomunikasi dalam pembelajaran yang menantang.



Slogan yang selalu diangkat dalam penerapan elearning, yaitu “Content is King, Conversation is Queen”. Sudah sepantasnya bagi Penggiat e-learning, untuk selalu berusaha menyajikan konten yang bisa diterima dengan baik, bisa diakses dengan mudah, dan bisa diikuti dengan menyenangkan. E-learning mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan, karena divisualisasikan dengan teknologi digital, serta lebih menghemat waktu dan biaya dalam pelaksanaan pembelajaran. Konsep jaringan e-learning memungkinkan melakukan perubahan data secara cepat, dapat dilihat kembali di lain waktu, serta dapat didistribusikan secara cepat. Guru dapat membangun dan mengelola kelas maya dengan cara efektif dan menyenangkan.

E-learning dalam proses pembelajaran bukan sekedar meletakkan bahan/konten/ materi di internet atau penggunaan komputer ataupun aplikasi. Ekosistem e-learning disini lebih kepada bagaimana membangun ekosistem e-learning itu sendiri. Bagaimana tatanan sistem secara utuh dan menyeluruh saling terkait dan saling mempegaruhi serta memungkinkan dapat memaksimalkan berbagai sumber daya teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan.



Kelas Maya di rumah belajar merupakan ekosistem e-learning yang dapat diakses oleh siapa saja, sekolah, pendidik dan peserta didik dengan mudah dan sesuai untuk semua jenjang pendidikan TK/SD/SMP/SMA/SMK. Ekosistem e-learning dengan kelas maya di rumah belajar dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual/ tanpa tatap muka antara pendidik dan peserta didik secara terjadwal, didukung dengan komponen pendukung sumber belajar bagi peserta didik yang memadai yang dapat digunakan untuk presentasi, berbagi, serta kemudahan akses kapan saja dan dimana saja, baik secara offline maupun secara online.

Omjay ucapkan selamat kepada ibu Eva yang sudah menyelesaikan buku ini dengan sangat baik. Semoga dapat menjadi pelepas dahaga para pembaca yang ingin bangsanya maju. Strategi pembelajaran di Kelas Maya lebih bersifat konstruktivistik yang menuntut pembelajaran aktif dan berpusat pada peserta didik sehingga mendorong keterampilan pemanfaatan TIK peserta didik. Semoga apa yang diharapkan mendapatkan sambutan hangat dari pembaca buku ini.



Salam Blogger Persahabatan
Omjay, Guru Blogger Indonesia


8 comments:

  1. Aamiin...semoga kelak bermanfaat untuk semua 🤲🤲👍👍mantulll

    ReplyDelete
  2. "Content is King, Conversation is Queen” sangat setuju Om Jay

    ReplyDelete
  3. Luarbiasa om Jay.. Alhamdulillah..om Jay Inspirasi buat saya.. Semoga barokah ilmunya om Jay. Semangat selalu

    ReplyDelete
  4. Luarbiasa om Jay.. Alhamdulillah..om Jay Inspirasi buat saya.. Semoga barokah ilmunya om Jay. Semangat selalu

    ReplyDelete