Komunitas Sejuta Guru Ngeblog

Komunitas Sejuta Guru Ngeblog
KSGN

Saturday, July 18, 2020

Kata Pengantar Dirjen GTK Kemdikbud Untuk Buku Menciptakan Pola Pembelajaran Efektif dari Rumah





Kata Pengantar Dirjen GTK Kemdikbud
Untuk Buku Menciptakan Pola Pembelajaran Efektif dari Rumah


Pandemi ini mengingatkan diri kita akan pentingnya menjaga kebersihan, memberikan semangat kebaikan, dan membagikan ragamnya pengalaman. Semua didorong untuk menjadi suri tauladan agar kita bisa bersama-sama menghadapi masa-masa depan.


Masa pandemi ini benar-benar masa yang sangat sulit. Pada saat ini data menyebutkan lebih dari 90% populasi siswa global atau lebih dari 1,3 milyar murid dan siswa harus belajar dari rumah, (UNESCO, 2020). Situasi dimana hampir satu generasi di dunia terganggu pendidikannya. Sistem pendidikan dan sekolah terkena dampak langsung dan harus ditutup. Ini kondisi yang sangat luar biasa dan sangat tidak mudah. Semua guru dipaksa untuk mendadak PJJ dan siswa BDR.


Kondisi ini membuat kita mungkin sering merasa tidak berdaya. Ada opsi menyerah, ada opsi mengeluh, tapi juga ada opsi untuk terus bangkit dan berjuang. Kita yakin, kita tetap bisa memberikan pembelajaran yang terbaik dan menarik untuk murid-murid kesayangan kita semua.


Sudah banyak upaya sadar yang dilakukan oleh para orang tua, guru, dan para pemangku kepentingan untuk terus berinovasi di tengah situasi yang sangat kompleks ini. Misalnya meningkatnya keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak saat belajar dari rumah mulai dari memberikan motivasi, menemani belajar, membantu menjelaskan pelajaran, sampai melakukan komunikasi dengan guru.

Ribuan webinar atau pelatihan daring telah diikuti oleh para ratusan ribu bahkan jutaan guru Indonesia serta banyaknya aksi kolaborasi antar komunitas pendidikan. Reaksi bersama terhadap pandemi ini adalah sebuah keteladanan demi anak-anak kita, murid dan siswa kita.

Apa yang dilakukan oleh Bapak Wijaya Kusumah dan 47 Orang Pendidik untuk menulis pengalaman dan pengetahuannya tentang Menciptakan Pola Belajar Efektif Dari Rumah dalam menyambut hari pendidikan nasional adalah langkah nyata bahwa guru bisa terus belajar dan berbagi. Inisiatif ini telah menghimpun energi positif dalam merespons tantangan, sehingga semua merasa berdaya dan memberdayakan yang lainnya. Ini adalah bukti bahwa pandemi ini tidak membuat kita berhenti untuk menciptakan ruang interaksi, kolaborasi dan kreatif bersama seluruh guru dan pemangku kepentingan di manapun kita berada.



Tentunya, apapun kondisi saat ini atau nanti, kita sepakat bahwa kita harus terus berpihak kepada murid, terus belajar dan berbagi. Semoga semangat gotong royong yang menjadi nilai luhur bangsa Indonesia menjadi kekuatan kita dalam menghadapi tantangan pendidikan di masa pandemi ini.

Kita harus percaya bahwa perubahan itu bisa terjadi saat kita bekerja bersama-sama. Mari kita saling bergandengan tangan, berinovasi, dan  bergerak bersama untuk masa depan anak-anak Indonesia.


Iwan Syahril
Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

58 comments:

  1. Perubahan itu akan terjadi jika kita kompak...yesssss๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  2. Mantap om, oiya om kapan terbit om

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bulan agustus sdh terbit dan bisa segera dipesankan bukunya dari sekarang

      Delete
  3. Inspiratif Om Jay๐Ÿ‘๐Ÿ™

    ReplyDelete
  4. Mantapsetiap guru harus mau melakukan perubahan,bekerjasama saling asah,asih dan asuh,semoga dapat melaksanakan pembelajaran,walau di tengah pandemi covid-19.

    ReplyDelete
  5. Materinya sangat bermanfaat...kita jd semangat untuk menjadikan indonesia lebih baik meskipun dlm pandemi covid 19

    ReplyDelete
  6. Keren Om Jay...
    Sangat perlu untuk guru2 yg mau maju...๐Ÿ‘๐Ÿ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, semoga banyak yg pesan bukunya, aamiin

      Delete
  7. Super sekali OM JAY. Semangat yang terus membangun kreatifitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, yuk kita menerbitkan buku dari pengalaman kita mengajar online

      Delete
  8. Keren Om Jay...selalu menghasilkan karya...

    ReplyDelete
  9. Jadi punya buku kenangan saat era pandemi dan belajar di grup menulis Omjay

    ReplyDelete
  10. Benar sekali, dalam kondisi spt ini kita semua hrs saling menguatkan jgn sampe menyerah hrs ttp produktif

    ReplyDelete
  11. Semoga insan pendidik mampu berjuang di tengah pandemik ini

    ReplyDelete
  12. Semoga insan pendidik mampu berjuang di tengah pandemik ini

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah luar biasa bangganya bisa melihat sinergi yang baik antar sesama guru untuk selalu membangun kolaborasi hebat menghasilkan buah karya yang menjadi inspirasi guru Indonesia always support to Indonesian teacher's

    ReplyDelete
  14. Replies
    1. joss, ayao segera pesan bukunya sebelum kehabisan

      Delete
  15. Perlu adanya kerjasama peran pemerintah instansi terkait dengan penyedia layanan ISP dalam fasilitas pendidikan ke orangtua ataupun peserta didik di daerah terpencil perlu adanya kesiapan mental dan fisik ya Om Jay... karena di daerah terpencil belum tentu bisa menerima materi dengan efektif...terbukti adanya banyak keluhan masyarakat kecil menengah ke bawah untuk menyediakan fasilitas tersebut...mantab om Jay bila tetap di telaah bukan masyarakat kota saja... semoga menginspirasi pada anak bangsa di daerah terpencil...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, oleh karena itu kita siapkan pembelajaran luring yang menarik dan menantang, di buku ini ada kisahnya, pesan ya!

      Delete
  16. Semangat berpihak pada murid untuk ciptakan generasi Indonesia yang tangguh.

    ReplyDelete
  17. Ujian yang sebenarnya adalah pembelajaran, jika tercipta model pembelajaran baru sesungguhnya itulah yang di inginkan oleh semuanya sebagai pembaharu dalam kesemangatan jiwa.
    Josss dan luar biasa

    ReplyDelete
  18. Semangat untuk terus berusaha emncari dan menggunakan metode yang sesuai itu yang ditularkan om jay dkk...
    Terimakasih om jay virus semangat om jay dkk lebih "ganas" dari covid, saya yakin kitalah pemenangnya.

    ReplyDelete
  19. Terima kasih omjay atas bimbing kami, sehingga kami bisa membuat tulisan dan dijadikan buku

    ReplyDelete