Komunitas Sejuta Guru Ngeblog

Komunitas Sejuta Guru Ngeblog
KSGN

Saturday, July 11, 2020

Kata Pengantar Buku Belajar Dari Rumah di Era Pandemi Covid-19 karya Safitri Yuhdianti


Kata Pengantar Guru Blogger Indonesia
Wijaya Kusumah S Pd, M Pd (Omjay)
Blogger Nasional dan Penulis Buku Menciptakan Pola Belajar yang Efektif dari Rumah

safitri


Semalaman saya menghabiskan buku karya ibu Safitri Yuhdiyanti. Seorang guru kreatif yang mengajar di Taman kanak-kanak. Beliau aktif sebagai PNS di TK Negeri Pembina Bobotsari, anggota PGRI, Sekretaris IGTKI-PGRI Kec. Bobotsari Tahun 2018-2022, Juga Kepala Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan PD SALIMAH PURBALINGGA sampai sekarang.

Membaca bukunya membuat saya membayangkan, betapa sulitnya mengajar anak TK di masa wabah corona yang semakin merajalela. Tentu dibutuhkan kreativitas guru dalam menciptakan pola belajar yang efektif dari rumah.

Belajar dari rumah di era pandemi covid-19 membuat ibu Safitri Yuhdiyanti tergerak untuk menyusun buku pertamanya dari hasil belajar menulis bersama omjay dan kawan-kawan di WA Group guru menulis PGRI. Selama 20 kali pertemuan mereka menyimak dan membaca semua materi yang diberikan oleh para narasumber hebat Indonesia. Peserta dilatih menulis dan menerbitkan bukunya.

Semakin merebaknya pandemi Covid-19 di seluruh dunia, telah berdampak luas terhadap berbagai bidang kehidupan. Termasuk juga bidang pendidikan yang mendadak harus melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran pun mengalami disrupsi, yang semula model tatap muka  menjadi model jarak jauh. Dalam kondisi ini, guru berperan untuk membantu murid menghadapi ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemi ini. Kita belajar dari Corona. Belajar dari rumah menjadi salah satu pilihan yang tak bisa terhindarkan. Di sinilah kreativitas seorang guru teruji, apalagi mengajar anak TK. 

Buku yang bagus ini merupakan rekam jejak sejarah dunia pendidikan kita.  Di dalamnya sangat lengkap tertulis pengalaman kegiatan belajar dan mengajar dari rumah. Hal yang sangat luar biasa bagi saya adalah buku ini ditulis oleh seorang guru TK terhadap anak didiknya. Banyak cerita menarik dan menjadi kenangan dalam belajar yang membuat anda tersenyum. Selamat melumat habis buku ini! 

Salam Blogger Persahabatan
Omjay
Guru Blogger Indonesia



11 comments:

  1. Selamat ya bu.. Teruslah berkarya

    ReplyDelete
  2. Slmat ibuk.. Sdh slsai buku solonya.smg saya dan tmn2 sgra mnyusul

    ReplyDelete
  3. Slmat ibuk.. Sdh slsai buku solonya.smg saya dan tmn2 sgra mnyusul

    ReplyDelete
  4. Slmat ibuk.. Sdh slsai buku solonya.smg saya dan tmn2 sgra mnyusul

    ReplyDelete
  5. Sukses ya Bu Safitri dan sukses buat Omjay... sudah berhasil membuat banyak guru mampu membuat sebuah buku.
    Guru sejati memang tak akan pernah berhenti berkarya

    ReplyDelete