Komunitas Sejuta Guru Ngeblog

Komunitas Sejuta Guru Ngeblog
KSGN

Friday, August 7, 2020

Ayo Wujudkan Mimpimu untuk Menerbitkan Buku.

Wujudkan Mimpimu untuk Menerbitkan Buku. 

Semalam saya tidak sempat ikut kuliah online secara langsung. Lewat wa group tim, saya minta ada yang menjadi moderator malam ini. 


Alhamdulillah Mr. Bams bersedia dan siap memimpin kuliah online semalam. Narasumbernya ibu Tere guru SD dari NTT yang sangat inspiratif. 

Beberapa hari sebelumnya saya telah hubungi beliau untuk menjadi narsum. Alhamdulillah beliau bersedia. 


Sambil istirahat di jalan,  saya cek kuliah online. Mr. Bams sudah memulai kuliah malam ini dan bu Tere telah siap menyampaikan materinya. 

Pagi ini saya terbangun dari mimpi. Baru membaca materi ibu Tere secara lengkap. Terharu saya dibuatnya. Itulah hadiah bagi mereka yang fokus dalam mengerjakan tugas-tugasnya. 

Ibu Tere adalah salah satu peserta guru menulis yang sangat rajin mengerjakan tugas resumenya. Beliau mampu mengembangkan apa yang disampaikan narasumber belajar menulis. Resumenya tidak sekedar copy paste dari narasumber, melainkan tulisan baru yang enak dibaca dari sisi seorang penulis. 

Suatu hari Prof. Eko Indrajit menelpon saya. Beliau berkeinginan agar materi yang ada di ekoji channel dibukukan. Lalu saya minta beliau menjadi narsum dan terpilihlah beberapa guru yang serius menulis buku dalam seminggu. 

Tantangan Prof. Eko luar biasa. Saya ikut mendukung inovasi yang dilakukannya. Terkadang kita perlu dipaksa agar adrenalin dalam otak kita terbiasa membuahkan ide-ide segar dalam menulis. 

Beberapa waktu kemudian, Prof. Eko telpon saya lagi malam hari. Beliau mengundang saya untuk ikut hadir dalam rapat bersama para guru penulis dan penerbit andi. Tentu saja ini sangat surprise buat saya. Sebab ide gilanya akhirnya terwujud.

Lewat aplikasi zoom kami bertemu secara virtual. Pak Joko Mumpuni dari penerbit andi menyampaikan arahannya agar semua penulis segera menyelesaikan bukunya. Motivasi menulis dari Prof. Eko sangat luar biasa. Peserta guru menulis langsung semangat 45 menyelesaikan bukunya. 

Kini saya merasa bangga melihat dan membaca karya mereka. Salah satunya, buku karya ibu Tere yang semalam menjadi narasumbernya.

Ayo segera wujudkan mimpimu untuk menerbitkan buku. Mereka yang fokus akan lulus. Siapa yang bersungguh sungguh pasti akan berhasil. 

Bu Tere telah membuktikan kepada kita bahwa proses tidak menghianati hasil. Beliau luangkan waktunya untuk menulis sebuah buku. Kini mimpinya menerbitkan buku di penerbit mayor terwujud. Tak ada satu sen pun uang keluar. Bahkan royalti bukunya siap menanti bila bukunya laku di pasaran dan menemui takdirnya. 

Wujudkan mimpimu dalam menerbitkan buku.  Bila penerbit mayor belum tembus, masih ada penerbit indie yang siap menerima naskah kita. Tinggal siapkan dana untuk menerbitkannya. 

Salam Blogger persahabatan 

Omjay, guru Blogger Indonesia 
Blog http://wijayalabs.com

3 comments:

  1. pantesan tadi malam ga ada aktivitas di wa grup dari Om Jay .....salam literasi Om jay sehat selalu untuk kita semua

    ReplyDelete
  2. Semoga omjay selalu diberikan kesehatan yang prima untuk terus berkarya demi bangsa

    ReplyDelete
  3. Selalu terkesan dgn gaya khas Om Jay dlm merangkai kata. Seakan "nggak ada matinya". Pengalaman yg biasa - biasa saja, seolah menjadi luar biasa. Ya, tentu saja, krn Om Jay adl blogger ternama yg mampu menginspirasi dan memotivasi kami semua. Mksh byk Om Jay.

    ReplyDelete