Komunitas Sejuta Guru Ngeblog

Komunitas Sejuta Guru Ngeblog
KSGN

Sunday, December 20, 2020

menjadi moderator online

Kata Pengantar
Wijaya Kusumah, M.Pd.
(Guru Blogger Indonesia, Motivator, dan penulis buku)

Suatu hari ibu Aam Nurhasanah menelpon saya. Beliau akan menerbitkan buku terbarunya dan akan berbagi pengalamannya selama menjadi moderator online di WA Group belajar menulis PGRI. Sebuah pengalaman unik yang tidak banyak diperoleh orang lain. Terutama guru yang ingin bangsanya maju.


Moderator online adalah seseorang yang memimpin jalannya suatu diskusi agar tepat waktu dan terarah yang terhubung dengan jaringan internet. Menjadi moderator online adalah sebuah aktifitas baru di masa pandemi Covid-19 ini, karena banyaknya kegiatan daring khususnya kelas belajar menulis gratis yang didirikan oleh Omjay dan Ikatan guru TIK PGRI. Hal ini membuat bu AAM mau belajar menjadi moderator hebat yang belajar secara otodidak.


Ibu AAM memulai mencoba kegiatan baru ini sejak menjadi alumni peserta kelas menulis gelombang 12. Beliau menjadi moderator untuk niat tulus ikhlas membantu Omjay. Tanpa adanya tim yang membantu Omjay, mungkin kelas tidak akan berjalan dengan lancar. Seperti kata pepatah, berat sama dijinjing, ringan sama dipikul. Dengan begitu, seberat apapun masalah akan terasa ringan jika dikerjakan bersama-sama. 


Selain aktif menjadi moderator di kelas menulis Omjay, beliau juga aktif menjadi moderator di Komunitas Cakrawala Blogger Guru Nasional (Lagerunal). Biasanya kelas ini diadakan setiap hari Selasa dengan tema #Selasa Berbagi. Omjay termasuk peserta yang sangat menyukai acara ini, dan disajikan dengan serius tapi santai.


Sebuah diskusi akan berjalan baik dengan adanya bantuan dari moderator. Menjadi moderator di kelas belajar menulis Omjay dan PGRI adalah sebuah pengalaman luar biasa yang dituliskan bu AAM dalam bukunya. Buku ini berisi tentang peran dan trik jitu bagaimana bisa sukses menjadi moderator online. Buku ini juga dilengkapi contoh-contoh teks diskusi dan teknik dasar public speaking yang akan semakin melatih keterampilan berbicara Anda. 


Begitu pentingnya tugas seorang moderator dalam diskusi sehingga harus memperhatian peran tersebut. Pada sebuah diskusi dapat dikatakan jika moderator adalah pemimpin paling tinggi. Namun yang perlu diketahui bahwa tugas pokok moderator dalam rapat ataupun diskusi adalah memastikan bahwa maksud dan  tujuan acara pada forum tersebut berjalan dengan lancar. 



Moderator sebaiknya adalah orang yang pintar serta memiliki wawasan yang luas dan jika bisa memahami karakteristik peserta diskusi. Penampilan moderator harus rapi dan namun tetap mempelajari dan menguasai topik yang akan dibahas. Moderator mungkin bisa disebut juga sebagai kunci pada forum. Hal itulah yang membuat omjay lega, karena Bu AAM mampu memainkan perannya sebagai moderator. Bahkan suatu ketika pernah Omjay minta menjadi narasumber pengganti karena narsumnya tiba-tiba berhalangan hadir.



Dengan adanya buku yang berjudul Kunci Sukses Menjadi Moderator Online, semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan acuan untuk bisa  membawakan sebuah diskusi dengan baik. Practice makes perfect. Latihan membuat anda menjadi sempurna. Semakin banyak Anda berlatih, semakin besar pula rasa percaya diri Anda. 



Salam Blogger Persahabatan
Omjay
Guru Bloger Indonesia
Blog http://wijayalabs.com

1 comment: