Komunitas Sejuta Guru Ngeblog

Komunitas Sejuta Guru Ngeblog
KSGN

Monday, February 15, 2021

Tantangan Lomba Blog PGRI hari ke-16

Tantangan hari ke-16

Malam ini hujan sangat deras di Bekasi. Kami siaga satu takut banjir datang lagi. Barang-barang yang ada dibawah sudah saya angkat ke atas lagi. Bila air masuk rumah sudah tak ada barang basah terendam air di malam sunyi.

Begitulah keadaan kami di saat curah hujan tinggi. Setahun sekali pasti banjir datang lagi. Tetap bersyukur karena ini cara Allah agar kita bersabar menerima ujian hidup. Ambil hikmah dibalik semua musibah.

Kami masih bersyukur banjir hanya semata kaki di dalam rumah. Dibanding kompleks tetangga sebelah yang hanya lihat gentengnya saja. Air sudah masuk ke dalam rumah dengan cepatnya.

Bagi mereka yang sudah terbiasa menghadapi banjir, akan menerimanya dengan sukacita. Walaupun harus menghadapi duka dan air mata.

Kita mesti bersyukur karena masih diberi waktu. Ketika ajal menjemput, senyum di bibir sudah menyambut. Malaikat maut pasti akan datang menghampiri. Sebab kematian itu pasti.

Menulis adalah cara saya menyimpan perasaan hati. Dengan menulis saya merasa akan abadi. Semua perjalanan hidup sudah dituliskan. Itulah warisan termahal yang saya titipkan.

Tak terasa tantangan menulis di bulan Februari 2021 sudah memasuki hari ke-16. Setiap hari saya menulis dari apa yang dialami. Niatnya hanya untuk berbagi. Bila nanti menjelma menjadi buku, maka itu adalah bonus dari melakukan aktivitas menulis setiap hari. Sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit.

Saya menulis melalui aplikasi whatsapp. Kemudian saya copas ke facebook. Dari facebook saya copas ke blog. Dengan begitu tulisan saya akan tersimpan dalam alat rekam yang ajaib. Blog juga menjadi tempat tabungan tulisan saya. Ayo tabung tulisanmu!

Kuliah Prof. Eko Indrajit semalam bagus sekali. Kita diminta untuk pandai mengelola waktu. Rahasia menulis buku dalam seminggu disampaikannya dengan cara menulis dari apa yang disukai dan dikuasai. Tulis dari apa yang anda lakukan hari ini, lalu bagikan kepada orang lain untuk mendapatkan manfaatnya.

Setiap tulisan akan menemui takdirnya. Ada yang langsung dibaca orang dan ada yang terpendam seperti harta karun. Tulisannya menjadi mahal karena baru dibaca ketika penulisnya tiada.

Tantangan menulis di hari ke-16 ini saya isi dengan banyak membaca buku dan kisah seru dari para penulis yang sudah menerbitkan bukunya.

Pagi hari sudah diminta membuat kata pengantar oleh bu Kanjeng. Buku the power of writing siap dicetak hari ini katanya. Ada 31 orang penulis yng menulis kekuatan kata dalam buku tersebut.

Siang hari sudah diminta lagi sama bang Nur terbit. Buku terbarunya akan dibedah. Saya diminta untuk membahasnya. Judulnya Wartawan Bangkotan. Saya baca isinya sangat bagus sekali. Beliau memang seorang wartawan yang banyak prestasinya. Di masa pensiun justru semakin banyak karya yang dituliskannya.

Sementara itu, sahabat baik saya dari Bengkulu, bapak Paidi yang baik hati mengingatkan saya. Ayo omjay selesaikan desertasinya. Fokuslah untuk menyelesaikannya.

Saya berterima kasih karena sudah diingatkan Bapak Paidi. Beliau sahabat saya yang sangat menginspirasi. Saya pernah menginap di rumahnya di kota Bengkulu. Aktivitasnya segudang. Dari pagi hingga malam hari. Semuanya bisa tuntas dikerjakan. Salut dengan bapak kepala sekolah yang satu ini. Hidupnya hanya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa di negeri yang sama sama kita cintai ini.

Waktu sudah menunjukkan pukul 04.08 pagi. Biasanya sulit buat saya tertidur lagi. Waktu subuh hampir tiba. Lebih baik saya siapkan saja skenario pembelajaran hari ini.

Ada 3 kelas dalam jadwal saya mengajar di kelas 8 SMP Labschool Jakarta. Hasil belajarnya jadi bahan desertasi saya. Judulnya pengelolaan blog secara kolaboratif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Penelitian action research sudah saya lakukan. Tinggal membuat laporan deskripsinya setiap siklus. Tidak mudah mengerjakannya. Tapi saya yakin bisa menuntaskannya. Semangat 45 harus terus bergelora di dalam dada.

Salam blogger persahabatan

Omjay

Guru blogger Indonesia
Blog http://wijayalabs.com

2 comments:

  1. https://www.kompasiana.com/wijayalabs/602b2c34d541df5acb607f76/tantangan-menulis-di-blog-hari-ke-16

    ReplyDelete
  2. Semoga disertasinya selesai tepat waktu ya Om Jay dan banjirnya segera surut.

    sehat terus ya Om Jay

    ReplyDelete