Komunitas Sejuta Guru Ngeblog

Komunitas Sejuta Guru Ngeblog
KSGN

Thursday, August 12, 2021

sambal kentang pete

Balado Sambal Kentang Pete

"Waah enak sekali masakan ini" ucap seorang ibu yang sedang duduk di kursi dekat hidangan prasmanan. 

Aku terheran dan bergumam dalam hati,"hanya masakan balado kentang Pete aja ko aneh sepertinya ibu ini" sambil ku ambil kue yang di berikan penunggu meja prasmanan. 

Karena meja tamu semua penuh akhirnya aku duduk dekat ibu yg tadi memuji masakan itu. Tak henti henti dia mengucapkan enak dan enak. 

Dengan rasa penasaran yg besar aku memberanikan diri bertanya kepadanya "maaf Bu ibu baru pertama merasakan kentang balado ini ya?" Tanya ku sambil melahap makanan. 

Dan sontak ibu itu pun kaget dan malu mendengar aku bertanya seperti itu, dan dia kembali bertanya "neng dari kota ya?". "Iya Bu saya dari Jakarta", Jawabku.  

Dengan wajah sedikit tersenyum dia berkata " oooh.. pantes si neng ga aneh dengan masakan kentang ini". 

Mendengar perkataan si ibu itu aku semakin penasaran, " ko ibu kaya yg baru pertama ya makan kentang balado ini?", Tanyaku. 

"Iya neng di kampung sini setiap ada resepsi pernikahan atau acara acara besar tidak pernah ada masakan kentang seperti ini, ibu aja baru pertama makan kentang di bumbuin di sini". 

Dengan sedikit heran dan tersenyum kecil aku pun bertanya kembali "lantas klo masakan kentang biasa nya seperti apa Bu di kampung sini?". 

Ibu itu pun menjawab "warga di kampung sini biasanya hanya membuat perkedel dari olahan kentang, maklumlah neng di sini kan kampung pedalaman jadi kami tidak tahu resep bumbu nya untuk membuat Ketang dibumbui". 

Aku tersenyum geli mendengar jawaban ibu itu, akhirnya terjawablah sudah rasa penasaran yang sedari tadi ada di pikiranku Tentang kentang balado ini. 

Nah resepsi pernikahan temanku ini memang di anggap sangat mewah oleh warga kampung karena ada kentang balado. 

Biasanya di kampung ini pasakan kentang yg paling khas adalah perkedel. Jadi wajar saja warga kampung pedalaman merasa aneh dengan rasa kentang balado..sambal Pete.

5 comments:

  1. Selalu jadi tulisan yang baik apapun itu temanya, salut

    ReplyDelete
  2. Tak bisa berkomentar apapun, semua begitu menyatu tanpa ada celah.

    ReplyDelete
  3. Saat membaca tulisan ini, merasa seperti ada di lokasi tempat makan tersebut.

    ReplyDelete
  4. Tulisan yg sudah di edit, lebih enak bacanya...

    ReplyDelete