Komunitas Sejuta Guru Ngeblog

Komunitas Sejuta Guru Ngeblog
KSGN

Friday, August 28, 2020

Ayo Terus Menulis

Ayo Terus Menulis (ATM) 

Selamat pagi semuanya. Semoga dalam keadaan sehat dan terus bermanfaat untuk umat. Selalu tersenyum setiap saat dan menjadi rahmat bagi semua.

Kali ini Omjay menulis yang ringan-ringan saja. Tidak terlalu banyak mikir dan apa adanya. Hanya ingin mengajak pembaca ayo terus menulis. 

Semangat menulis memang harus digelorakan setiap hari. Supaya kita terbiasa menulis. Dengan begitu kita akan merasakan bahwa menulis adalah sebuah kebutuhan manusia. Sebab kodrat manusia adalah berinteraksi kepada sesama. 

Ayo terus menulis adalah ajakan yang baik sekali dari Mr. Bams.  Seorang guru hebat dari bumi Parahiyangan. Beliau banyak membantu Omjay dalam menyebarkan virus menulis di kalangan guru. 

Saya sendiri awalnya tidak bisa menulis seperti ini. Saya orangnya pemalu. Tidak bisa ngomong di depan umum. Kalau dipaksa ngomong pasti lutut langsung bergetar. Akhirnya saya belajar bicara di depan umum dengan mengikuti acara pak Namin, beliau motivator pendidikan nomor satu di Indonesia.

Seorang kawan menyindir Omjay. Jangan cuma pinter ngomong, bisa nulis juga dong. Sindirannya bagus sekali dan membuat Omjay belajar menulis dan akhirnya bergabung di komunitas blogger kompasiana dan blogger Bekasi.

Seorang kawan di facebook mengingatkan pertemuan kami 10 tahun lalu. Setiap bulan kompasiana.com mempertemukan kami dalam acara diskusi blogger kompasiana.com. Alhamdulillah jadi kenal banyak teman baru. 

Dari sanalah semangat menulis terus terjaga. Kata orang kalau mau wangi, berkumpullah sama pedagang minyak wangi. Jadi kalau mau bisa menulis ya bergabung saja dengan sesama penulis. Pasti semangat menulis akan terjaga. 

Ayo terus menulis. Singkatannya ATM. Bisa juga jadi Amati,  Tiru,  Modifikasi. Pokoknya menulis sudah harus jadi kebiasaan kita setiap hari. 

Ayo terus menulis. Mulailah menulis dari 3 alinea saja.  Pembukaan,  Isi, Penutup. Sederhana tapi dahsyat bila dipraktikkan setiap hari. 

Semalam dapat kabar duka. Kakak ipar dinyatakan positif covid-19. Padahal tak ada gejala apapun. Orangnya sehat dan tidak tahu kalau terkena virus covid-19. Semalam ke Wisma Atlit disuruh pulang dan isolasi mandiri di rumah. Kamar sudah penuh dengan penderita covid-19.

Ayo terus menulis. Jaga keluarga kita dari penularan virus covid-19. Gunakan masker bila ingin keluar rumah dan taati aturan protokol kesehatan. 

Ayo terus menulis dari apa yang kita lihat dan rasakan. Pagi hari sudah dapat tulisan bagus dari Mr. Emcho. Judulnya masa kritis, ujian integritas. 

Memang sulit untuk tidak mencontek teman. Apalagi bagi mereka yang tidak mau belajar. Dapat soal susah sudah membuat kening berkerut. Menconyek adalah salah satu jalan untuk mendapatkan nilai terbaik.

Jadi ingat sewaktu belajar di sekolah dulu. Kami bekerjasama agar dapat nilai bagus. Alhamdulillah semua siswa dapat nilai terbaik. Guru kamipun memuji karena nilai kami bagus semua. Padahal semuanya hasil contekan.  Guru pura pura tidak tahu kalau kami mencontek. Supaya kami belajar bahwa mencontek adalah pekerjaan yang membuat kami tidak jujur. Padahal kejujuran adalah kunci kesuksesan. 

Sampai di sini dulu tulisan Omjay pagi ini. Segudang aktivitas hari ini telah menanti. Istripun nampak berseri-seri. Cantik sekali istriku di pagi ini. 

Salam Blogger Persahabatan

Omjay
Guru Blogger Indonesia 
Blog http://wijayalabs.com

8 comments:

  1. Menulis-membaca adalah dua sisi mata uang
    Bismillah
    Sabtu,29 Agustus 2020, Postingan ke-440 di blog www.sarastiana.com semoga bisa 1 hari sharing 1 postingan.
    Blended Learning Berbantukan Blog

    ReplyDelete
  2. Ayoo Terus Menulis

    Saya hanya akan bisa menulis di whiteboard, jika tidak bertemu teman yang mengajak bergabung di WAG Belajar Menulis. Di dalam WAG saya mendapatkan banyak motivasi menulis dari OmJay dan Narasumber yang hebat. Selain itu teman teman di WAG juga saling support ke sesama teman teman dalam WAG.

    Semoga saya juga dapat membukukan resume belajar menulis...
    Terus menginspirasi dan Ayo Terus Menulis.

    ReplyDelete
  3. Memang seharusnya ATM Amati, Tiru Modifikasi ya OmJay agar semakin cerdas dlm menulis, serta tulisannya bagus berkualitas.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih Om sudah pasang foto saya di blog Om, terus terang saya banyak terispirasi dari OmJay yang konsisten untuk selalu menulis. Semoga kk ipar Om cepet sembuh dan salam kenal buat bidadari om.

    ReplyDelete
  5. Ternyata saya belum bisa dan terbiasa tuk menulis setiap hari... Saya masih membaca,membaca dan membaca....

    ReplyDelete
  6. Saya masih musim-musiman om kalau nulis. Pengenya rutin setiap hari. Semoga suatu saat bisa istiqomah dalam menulis. Trimkasih atas motivasinya om jay.

    ReplyDelete
  7. Setiap hari omjay menulis. Terbersit tany apa yang membuat om jay selalu semangat dan tdk berhenti mnularkan virus literasinya ya?

    ReplyDelete