Komunitas Sejuta Guru Ngeblog

Komunitas Sejuta Guru Ngeblog
KSGN

Sunday, July 19, 2020

Kata Pengantar Prof. Wardiman Djojonegoro untuk Buku PGRI

KATA PENGANTAR

Saya terkesan dengan karya dari 47  Guru yang masing masing memberi  kontribusi pemikiran mengenai pelaksanaan dan pengalaman Pendidikan Jarak Jauh Guru. Pengalaman ini dikumpulkan dalam sebuah buku yang menarik : “Menciptakan Pola Pembelajaran yang Efektif dari Rumah”.


Pandemic COVID 19, memaksa kita semua untuk mengadakan pembatasan yang ketat dalam pergaulan dan tatap muka, dan pembatasan ini mengakibatkan proses Pendidikan dan belajar mengajar menjadi terhenti. 


Pendidikan dan pembelajaran tidak boleh berhenti, anak anak kita, siswa kita perlu dibekali ilmu untuk menghadapi masa depan mereka. Dalam suasana Pembatasan karena Covid19 ini , maka pembelajaran jarak jauh - eLearning merupakan solusi yang baik mengisi kekosongan yang terjadi. Meskipun eLearning tidak dapat menggantikan semua proses pembelajaran yang tradisonil/ konvensional, seperti bimbingan dan tatap muka, tetapi merupakan salah satu usaha yang dapat menjangkau anak anak maupun siswa yang luas.


Apa yang digagas dan dilakukan oleh Sdr Wijaya Kusumah dan kawan yang langsung bergerak aktif untuk melaksanakan eLearning, merupakan usaha yang terpuji dan mengagumkan.  


Selamat Sdr Wijayakusumah dan teman teman Guru! 
Kepedulian dan inisiatip Anda merupakan inspirasi bagi para Pendidik yang lain.

Saran saya kepada Sdr Wijaya dan 47 Guru, jangan berhenti disini. Jangan puas dengan apa yang telah berhasil dilakukan. Masih banyak pengalaman yang perlu dikumpulkan di evaluasi agar Belajar Jarak Jauh ini bisa berhasil dengan baik, dan menjangkau sebanyak mungkin anak anak didik meskipun infrastruktur teknologi belum ideal. 


Kita tahu kelemahan belajar jarak jauh:
• Praktis tidak ada kontak langsung antara pengajar dan peserta didik. Bagaimana membangun  relasi sosial dan nilai-nilai yang menjadi tujuan dasar dari Pendidikan?.
• Bagaimana evaluasi pembelajaran, atau sistim karena proses kontrol  jauh dari Pengajar.
• Bagaimana melengkapi kekurangan proses teknologi komunikasi dan informasi , untuk mendekati proses komunikasi dan interaksi secara langsung (se3perti dalam pendidikan konvensional).

Para Guru dibaris depan, dengan pengalaman Anda dapat memberikan saran saran yang berharga karena Anda sudah mulai mengadakan aktivitas. 


Sekali lagi Sdr Wijaya dan kawan Guru 47, selamat atas karya Sdr. Selamat bekerja dan jangan berhenti ditengah jalan.


Jakarta, 20 Juli 2020


Wardiman Djojonegoro
Ketua Dewan Kehormatan PGRI

2 comments: